Artikel

Manfaat Menikah

Menjaga Kesucian

Tidak bisa dipungkiri jika di era sekarang ini, seks bebas sudah menjadi hal yang dianggap biasa. Namun sebagai umat Islam, kita tidak boleh mengikuti kebiasaan buruk yang demikian. Allah SWT sudah memberikan solusi terbaik untuk dua orang yang berbeda jenis dalam memenuhi kebutuhan seksualnya yakni dengan menikah. Dengan menjalani kewajiban menikah, pasangan akan lebih mudah dalam mengatur emosi seksual sekaligus menjaga diri dari perbuatan maksiat pada Allah SWT.

Memiliki Keturunan

Tujuan dari sebuah pernikahan berikutnya tidak lain adalah untuk memiliki keturunan sehingga bisa melengkapi dan membuat kehidupan semakin menyenangkan sebab tidak ada yang bisa menyejukan mata seorang mukmin selain melihat istri dan juga keturunannya yang bertakwa pada Allah SWT.

Membuka Pintu Rezeki

Dengan melakukan pernikahan, maka Allah SWT juga akan membukakan pintu rezeki dengan sendirinya dan kita sebagai hamba tidak perlu takut dan cemas dengan kemiskinan. Rasulullah SAW, “Carilah rezeki dalam sebuah pernikahan”. Dan ini merupakan kewajiban laki laki setelah menikah untuk mencari nafkah untuk kehidupan keluarganya.

Melengkapi Ibadah

Seperti sebuah cerita dimana ada 3 orang pemuda yang melontarkan pertanyaan pada istri Nabi mengenai cara ibadah Rasul dan sesudah diberitahu, mereka merasa jika ibadah mereka masih kurang sehingga ingin ditingkatkan kembali.

Menjauhkan Dari Zina

Memiliki keinginan seksual memang menjadi fitrah manusia dan Islam tidak memerintahkan untuk menghilangkan nafsu tersebut namun mengendalikannya dengan baik. Dengan sebuah pernikahan, maka akan semakin menundukkan pandangan sekaligus menjaga kemaluan sekaligus menjauhi diri sendiri dari perbuatan zina yang sangat dibenci Allah SWT.

Menyempurnakan Separuh Agama

Melaksanakan pernikahan berarti sudah menyempurnakan separuh dari agama sehingga melengkapi takwa kita yang juga diimbangi dengan melakukan separuh ibadah lainnya

Terhindar Dari Fitnah

Fiqih pernikahan juga akan menjauhkan kedua belah pihak baik wanita dan juga pria dari semua fitnah sebab banyak laki laki dan wanita yang pergi berdua, saling berpegangan tangan dan sebagainya yang semua itu akan menimbulkan fitnah. Fitnah tersebut harus dijauhi yang disebabkan karena perbuatan diri sendiri khususnya bagi kita umat muslin dan caranya adalah dengan menikah.

Related posts